Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan Derkuku jantan dan betina paling akurat

gambar burung derkuku jantan dan betina
Burung Derkuku Jantan & Betina
Onkicau.com - Burung Derkuku atau Tekukur adalah burung anggungan yang cukup digemari dan banyak dipelihara karena burung ini memiliki suara anggungan yang merdu.

Burung Derkuku/Tekukur sering berkeliaran dikawasan hutan terbuka, ladang, dan area persawahan untuk mencari makan.

Seperti halnya jenis burung Merpati yang lain, burung Derkuku/Tekukur tidak begitu suka hidup berkelompok, dan biasanya hanya hidup dengan pasangannya.

Baca juga: Cara menangkap burung Derkuku liar dengan jerat dan jontrot

Burung Derkuku berkembang biak sepanjang tahun dengan membuat sarang dari ranting-ranting kecil dan rumput-rumput kering yang diletakkan didahan pohon atau diatas tanah.

Baik burung Derkuku jantan maupun burung Derkuku betina sama-sama bisa manggung, tapi biasanya burung jantan lebih rajin manggung dan suara anggungannya lebih merdu dan lebih keras dibanding burung betina.

Antara burung Derkuku/Tekukur jantan dan betina memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang tampak serupa sehingga agak susah untuk membedakan jenis kelaminnya.

Tapi jika diperhatikan dengan lebih seksama sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Derkuku jantan dan betina, baik dari postur tubuh, warna bulu, perilaku, dan suara anggungannya.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Derkuku/Tekukur jantan dan betina:

gambar burung tekukur jantan dan betina
Burung Tekukur Jantan & Betina

1. Postur tubuh

Ketika masih anakan, cukup mudah untuk membedakan antara burung Derkuku jantan dan betina karena ukuran tubuh anakan Derkuku jantan lebih besar dari yang betina.

Bulu-bulu anakan burung Derkuku/Tekukur betina lebih banyak dari anakan burung Derkuku jantan dan berwarna kekuning-kuningan.

Jika dipegang, tubuh anakan burung Derkuku/Tekukur jantan terasa lebih berat dan berisi dibanding dengan anakan burung Derkuku betina.

Postur tubuh burung Derkuku jantan dewasa lebih besar dan panjang dengan dada yang lebih lebar, sedangkan postur tubuh burung Derkuku betina lebih kecil dan dadanya terlihat sempit.

2. Bulu sayap

Bulu sayap burung Derkuku/Tekukur jantan lebih sedikit dibanding dengan bulu sayap burung Derkuku betina dengan warna bulu yang lebih cerah dibanding burung betina.

3. Bentuk kepala

Kepala burung Derkuku jantan lebih besar dengan bentuk lebih menonjol, sedangkan kepala Derkuku betina lebih kecil dengan bentuk yang agak membulat, dan jika diperhatikan warna bulu pada bagian kepala (dahi) burung Derkuku jantan tampak lebih cerah dari burung betina.

4. Mata

Bentuk mata burung Derkuku/Tekukur jantan tampak lebih besar dengan sorot mata yang tajam, sedangkan mata burung Derkuku betina lebih kecil dengan sorot mata sayu.

5. Leher

Bentuk leher burung Derkuku jantan lebih besar dengan pola bintik-bintik pada bulu lehernya lebih banyak dan cerah, sedangkan bentuk leher burung Derkuku betina lebih kecil dengan warna bintik-bintik lebih sedikit dan warnanya agak kusam.

6. Suara

Burung Derkuku jantan lebih rajin manggung dengan suara yang lebih besar dan nyaring, dan ketika sudah birahi, burung Derkuku jantan akan sering bunyi dengan mengangguk-anggukkan kapalanya (mbekur).

7. Supit udang

Supit udang burung Derkuku/Tekukur jantan jaraknya lebih sempit dan terasa agak keras saat ditekan dengan jari, sedangkan supit udang burung Derkuku betina lebih lebar/renggang dan terasa lunak saat ditekan dengan jari.

8. Anus/Kloaka

Jika diperhatikan, bentuk anus/kloaka burung Derkuku jantan lebih menonjol keluar, sedangkan anus/kloaka burung Derkuku betina bentuknya lebih datar dan lebih lebar.

Baca juga:

Cara merawat anakan burung Derkuku liar dari lolohan

Cara menjinakkan burung Derkuku liar tangkapan hutan

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Derkuku jantan dan betina paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Derkuku/Tekukur, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan Derkuku jantan dan betina paling akurat"