Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Murai Batu (MB) ngetem saat lomba

gambar burung murai batu didalam kandang umbaran
Terapi kandang umbaran untuk melatih fisik dan stamina Murai Batu

Onkicau.com - Istilah "ngetem" tentunya sudah tidak asing lagi bagi para Kicau Mania, terutama bagi para pemain lapangan. Ngetem adalah istilah dimana burung berhenti berkicau beberapa saat ditengah-tengah lomba yang sedang berlangsung untuk kemudian berkicau lagi. Ngetem bisa terjadi pada burung lomba jenis apa saja, termasuk burung Murai Batu (MB).

Burung Murai Batu yang ngetem saat dilombakan bisa disebabkan karena beberapa faktor, antara lain:

1. Obesitas

Burung Murai Batu (MB) yang mengalami obesitas / kegemukan sangat berpotensi ngetem ketika dilombakan. Hal itu disebabkan karena kelebihan berat badannya akan membuat burung Murai Batu tersebut menjadi cepat lelah dan nafasnya menjadi terengah-engah sehingga akan berhenti berkicau beberapa saat untuk menarik nafas.

Untuk itu, masalah obesitas pada Murai Batu harus segera ditangani dengan cara menurunkan berat badannya agar tidak terlalu gemuk dengan pemberian menu pakan yang variatif serta dengan porsi seimbang ditambah pemberian multivitamin.

Penjemuran serta latihan di kandang umbaran secara rutin dan terjadwal juga perlu dilakukan agar lemak di tubuh burung Murai Batu berkurang dan tubuh burung menjadi ramping, sehingga staminanya menjadi prima dan nafasnya menjadi panjang.

Baca juga: Pentingnya terapi kandang umbaran untuk Murai Batu

2. Kurang kondisi

Murai Batu yang sering ngetem ketika dilombakan bisa juga disebabkan karena staminanya kedodoran karena harus berkicau terus-menerus selama lomba berlangsung, sehingga burung harus jeda sejenak mengumpulkan tenaga untuk kemudian berkicau lagi.

Hal itu bisa disebabkan karena kondisi fisik burung Murai Batu sedang tidak fit. Faktor penyebabnya bisa karena perubahan cuaca yang tidak menentu (pancaroba), kurangnya pemberian multivitamin dan bisa juga karena burung Murai Batu tetsebut masih dalam masa rekondisi pasca mabung sehingga kondisi fisiknya belum pulih 100%.

3. Jam terbang lomba

Murai Batu yang belum terbiasa dilombakan biasanya akan sering ngetem ditengah-tengah lomba yang sedang berlangsung. Hal itu wajar karena Murai Batu tersebut belum terbiasa bertanding dengan banyak lawan yang harus di hadapi.

Penyebabnya karena mental Murai Batu tersebut belum terlatih, sehingga mudah ngedrop ketika mendengar suara tembakan-tembakan lawannya yang bervariasi.

Murai Batu yang minim pengalaman lomba cenderung akan terdiam karena merasa kaget dan tertekan oleh suara-suara kicauan Murai Batu lain yang terdengar asing baginya.

Untuk mengatasi hal itu, burung Murai Batu harus dilatih secara rutin dengan sering membawanya ke arena lomba atau latber untuk menambah jam terbangnya agar mentalnya semakin terasah seiring berjalannya waktu sampai pada akhirnya Murai Batu tersebut bisa kerja maksimal dari awal sampai akhir lomba tanpa jeda.

Baca juga: Buka tutup kerodong untuk melatih mental fighter Murai Batu lapangan

4. Usia Murai Batu

Usia Murai Batu juga sangat mempengaruhi performanya dilapangan. Karena mental Murai Batu muda masih belum stabil dan belum kuat menghadapai tekanan dari lawan-lawannya yang usianya sudah lebih mapan / dewasa, sehingga akan sering ngetem ketika dilombakan.

Jadi untuk Murai Batu yang masih berusia muda sebaiknya jangan sering di ikutkan lomba dulu sampai mentalnya benar-benar siap tempur. Sebaiknya, sering dilatih / ditrek dulu dengan beberapa ekor Murai Batu lain yang usianya sama atau yang lebih muda agar mentalnya semakin kuat.

Ngetem pada Murai Batu bukanlah masalah serius karena masih bisa di atasi pada lomba berikutnya. Hanya saja, potensi Murai Batu untuk menjadi juara akan sulit diraih karena sudah bisa dipastikan akan kalah dengan Murai Batu yang kerja full dari awal sampai akhir lomba tanpa jeda.

Baca juga: Usia ideal Murai Batu untuk dilombakan

Demikian sedikit informasi tentang penyebab dan cara mengatasi Murai Batu ngetem saat lomba yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Penyebab Murai Batu (MB) ngetem saat lomba"