Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daun ginseng jawa, rahasia Kenari juara

manfaat daun ginseng jawa untuk kenari
Manfaat daun ginseng Jawa untuk burung Kenari

On Kicau - Meskipun dinamakan ginseng jawa, namun tanaman ini sebetulnya bukan merupakan tanaman asli Pulau Jawa, melainkan berasal dari wilayah tropis Benua Amerika.

Penyebutan ginseng jawa tersebut dikarenakan tanaman ini memiliki bentuk akar yang mirip dengan ginseng dari Korea dan banyak tumbuh didaerah jawa. Selain itu, tanaman ini juga memiliki khasiat yang hampir sama dengan ginseng korea, yaitu sebagai penambah stamina.

Di kalangan pecinta burung Kenari, manfaat daun ginseng dipercaya mampu mendongkrak stamina burung Kenari dan membuat Kenari semakin rajin berkicau.

Baca juga: Manfaat daun mengkudu (pace) untuk memperbaiki kualitas suara burung Kenari

Pemanfaatan daun ginseng jawa sebagai Ekstra fooding (EF) untuk Kenari memang sudah dilakukan sejak lama. Hal tersebut terbukti dari banyaknya Kenari-Kenari jawara yang selalu menyertakan daun ginseng jawa dalam menu perawatan hariannya.

Meskipun belum ada penelitian resmi mengenai manfaat daun ginseng jawa atau som jawa ini, namun khasiatnya sudah banyak dirasakan secara turun-temurun oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Daun ginseng jawa dianggap dapat memulihkan kondisi tubuh yang menurun dengan cepat dan juga bisa meningkatkan stamina. Adapun zat aktif yang terkandung dalam akar dan batang daun ginseng adalah tanin, saponin dan alkaloid. Sedangkan pada bagian daunnya memiliki kandungan bahan aktif seperti saponin, flavonoid, steroid dan minyak atsiri serta vitamin A yang cukup tinggi dan juga beberapa mineral penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat daun ginseng Jawa untuk Kenari:

• Melancarkan peredaran darah pada tubuh Kenari.

• Meningkatkan stamina dan durasi kerja Kenari.

• Membantu mempercepat pemulihan Kenari yang sedang dalam kondisi tidak fit.

• Menjaga daya tahan tubuh Kenari dari serangan penyakit.

• Merangsang Kenari agar lebih rajin berkicau dengan durasi yang lebih panjang.

• Menambah nafsu makan Kenari.

Cara memberikan daun ginseng pada Kenari:

Pemberian daun ginseng pada Kenari bisa dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari memberikannya secara langsung dengan menggantung batang dan daunnya didalam kandang Kenari atau bisa juga dengan cara memotong kecil-kecil bagian daunnya lalu mencampurkannya dalam pakan biji-bijian atau mencampurkannya dengan pakan lain seperti egg food.

Sebelum digunakan sebaiknya daun ginseng tersebut terlebih dulu dibersihkan dengan air bersih agar terbebas dari kotoran dan kuman.

Pemberian daun ginseng bisa dikombinasikan dengan daun-daun lainnya seperti daun mengkudu, daun krokot, serta sayur-sayuran seperti sawi, lobak, gambas dan lainnya agar Kenari lebih sehat dan tercukupi nutrisinya.

Baca juga:

Manfaat daun krokot untuk meningkatkan performa burung Kenari

Tips mencetak Kenari isian

Demikian sedikit informasi tentang manfaat daun ginseng Jawa untuk Kenari juara yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kenari, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Daun ginseng jawa, rahasia Kenari juara"