Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan Cucak jenggot dan Kapas tembak

gambar burung cucak jenggot dan kapas tembak
Burung Cucak Jenggot dan Kapas Tembak

On Kicau - Antara burung Cucak jenggot (CJ) dan Kapas tembak (KT) jika dilihat sekilas memang sangat mirip, tapi jika diperhatikan dengan seksama, maka akan terlihat beberapa perbedaan yang cukup mencolok antara kedua burung tersebut, dari mulai bentuk fisik, warna bulu, suara dan karakteristiknya.

Ciri-ciri Cucak jenggot yang paling menonjol terletak pada bulu dibagian bawah paruhnya (jenggot) yang terlihat sangat jelas (njegrak). Warna bulu Cucak jenggot secara keseluruhan didominasi warna coklat, tapi pada bagian dada pada umumnya berwarna putih kekuningan dan semakin bertambahnya umur Cucak jenggot maka warna kuning pada bagian dadanya akan semakin memudar.

Sedangkan ciri-ciri dari burung Kapas tembak diantaranya, memiliki warna bulu keseluruhan didominasi warna abu-abu atau coklat tua dengan bulu pada bagian dadanya cenderung berwarna putih keabu-abuan. Sedangkan bulu dibagian bawah paruhnya (jenggot) tidak menonjol (tidak njegrak).

Suara kicauan burung Kapas tembak cenderung lebih tajam dan lebih rapat jika dibandingkan dengan suara Cucak jenggot.

Baca juga: Cara merawat burung Kapas tembak agar gacor dan buka ekor

Setelah memperhatikan ciri-ciri dari kedua jenis burung tersebut, maka dapat dilihat beberapa ciri-ciri yang membedakan dari Cucak jenggot dan Kapas tembak, diantaranya:

• Warna bulu Cucak jenggot keseluruhannya didominasi warna coklat, sedangkan warna bulu Kapas tembak keseluruhannya didominasi warna abu-abu atau coklat tua.

• Bulu pada bagian dada Cucak jenggot cenderung berwarna putih kekuningan, sedangkan bulu pada bagian dada Kapas tembak cenderung berwarna putih keabu-abuan atau coklat tua.

• Bulu dibagian bawah paruh (jenggot) pada Cucak jenggot terlihat sangat jelas (njegrak), sedangkan bulu dibagian bawah paruh Kapas tembak tidak terlalu menonjol (tidak njegrak).

• Cucak jenggot memiliki mental fighter yang bagus, sedangkan Kapas tembak memiliki kemampuan adaptasi lingkungan yang baik.

• Pada umumnya, untuk Cucak jenggot yang bagus dan sering dilombakan adalah yang berjenis kelamin betina, sedangkan untuk Kapas tembak, baik yang berjenis kelamin jantan ataupun betina sama-sama biasa dilombakan.

• Karakter suara dari Cucak jenggot cenderung lebih kasar dan lebih banyak variasi, sedangkan suara Kapas tembak cenderung lebih tajam dan dan lebih rapat.

Baca juga:

Cara merawat burung Kapas Tembak mabung agar cepat tuntas

Kelebihan dan kekurangan Cucak Jenggot vs Kapas Tembak

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Cucak jenggot dan Kapas tembak yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Cucak jenggot dan Kapas tembak, bisa dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan Cucak jenggot dan Kapas tembak"