Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri Murai Batu (MB) Lampung yang asli

gambar pola ekor murai batu lampung
Pola ekor Murai Batu Lampung

Onkicau.com - Murai Batu (MB) Lampung memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan Murai Batu asal Sumatera lainnya. Hanya saja ukuran ekor Murai Batu Lampung lebih pendek dari Murai Batu Medan atau Murai Batu Aceh.

Meskipun ada juga Murai Batu Lampung yang memiliki bulu ekor cukup panjang yang biasa disebut Murai Batu Lampung super, tapi bentuk bulu ekornya rata-rata lurus dari pangkal sampai ujungnya dan tidak mekar. Berbeda dengan bulu ekor Murai Batu Medan yang melengkung pada ujungnya.

Tapi ukuran ekornya yang pendek tersebut justru memberikan keuntungan karena membuat Murai Batu Lampung lebih atraktif ketika sedang bertarung dan tidak cepat lelah karena tidak terbebani oleh ekornya.

Baca juga: Cara setting birahi, emosi dan stamina Murai Batu agar bisa tampil maksimal digantangan

Di kalangan penggemar Murai Batu ada dua pendapat tentang ukuran ekor Murai Batu Lampung yang pendek tersebut. Ada yang berpendapat ukuran ekor yang pendek akan memberikan keuntungan karena akan mengurangi beban burung Murai Batu saat memainkan ekornya, sehingga staminanya tidak cepat terkuras.

Tapi ada juga yang berpendapat bahwa bulu ekor yang pendek tersebut adalah kekurangan dari Murai Batu Lampung karena kurang enak dipandang.

Kedua pendapat tersebut sebetulnya sama-sama benar, tergantung dari apa tujuan memelihara burung Murai Batu. Jika tujuannya untuk lomba tentunya bulu ekor yang pendek lebih menguntungkan, tapi jika tujuan memelihara Murai Batu untuk klangenan dirumah memang lebih bagus yang berekor panjang karena selain bisa dinikmati suara kicauannya yang merdu, tantunya Murai Batu yang berekor panjang juga lebih enak dipandang.

Murai Batu Lampung memiliki stamina yang tangguh dan juga mental yang bagus ketika bertarung jika dirawat dan dilatih dengan tepat. Tapi Murai Batu Lampung juga memiliki kelemahan pada variasi kicauannya yang cenderung mengulang-ulang nada yang sama atau cenderung monoton.

Kekurangan tersebut bisa diatasi dengan pemasteran yang tepat dan konsisten agar Murai Batu Lampung bisa memiliki materi lagu yang lebih bervariasi.

Sedangkan keunggulan yang paling menonjol dari Murai Batu Lampung adalah pada staminanya yang prima ketika bertarung dan tidak cepat kelelahan walaupun terus berkicau dalam waktu lama.

Tapi gaya bertarungnya memang tidak seindah Murai Batu ekor panjang yang dapat mencambuk-cambukkan ekornya.

Baca juga: Tips cara menambah panjang ekor Murai Batu 

Ciri-ciri fisik Murai Batu Lampung:

Murai Batu Lampung memiliki postur tubuh yang sedikit lebih besar dari Murai Batu Medan atau Murai Batu Aceh, tapi perbedaan dari sisi fisik yang paling mudah dikenali adalah pada bagian ekornya yang pendek dan lurus.

Jika dilihat dari bentuk fisik lainnya secara keseluruhan memang agak sulit untuk membedakan antara Murai Batu Lampung dengan Murai Batu dari daerah lainnya karena sangat mirip.

Ciri lainnya dari Murai Batu Lampung adalah pada gaya tarungnya yang menaik turunkan kepalanya seperti mencangkul mirip dengan gaya tarung Murai Batu Borneo, hanya saja Murai Batu Lampung yang asli tidak menggembungkan bulu dadanya ketika bertarung.

Kelebihan Murai Batu Lampung:

Selain memiliki stamina yang tangguh, Murai Batu Lampung sebetulnya juga memiliki suara kicauan yang tidak kalah bagus dengan Murai Batu Sumatera lainnya. Asalkan rutin dilakukan pemasteran, variasi suara kicauannya juga bisa bersaing dengan Murai Batu dari daerah lain.

Kekurangan Murai Batu (MB) Lampung:

Selain vokalnya yang cenderung monoton, ada satu hal lagi yang membuat Murai Batu Lampung kurang disukai oleh para penghobi Murai Batu (MB Mania), yaitu Mental fighternya yang lemah. Jika bertemu lawan yang lebih dominan, Murai Batu Lampung akan langsung down mentalnya.

Jadi untuk mengikut sertakan Murai Batu Lampung ke arena lomba, kondisi burung harus sudah benar-benar matang secara mental dan minimal sudah terbiasa mengikuti Latber.

Baca juga: Murai Batu Lampung semi adalah Murai Batu Palangka

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, pola ekor dan kelebihan Murai Batu Lampung asli yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), bisa dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri Murai Batu (MB) Lampung yang asli"