Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengembalikan jiwa fighter Kacer yang terlalu jinak dan manja

gambar burung kacer didalam kandang umbaran
Burung Kacer

Onkicau.com - Di alam bebas, burung Kacer memiliki karakter yang sangat agresif dan tidak memiliki toleransi terhadap keberadaan burung Kacer lain yang memasuki wilayah teritorialnya.

Burung Kacer akan langsung mengusir burung sejenis yang mendekati wilayahnya dengan suara kicauan dan gaya ngobranya untuk mengintimidasi lawannya terlebih dulu sebelum beradu fisik.

Naluri sebagai burung petarung tersebut akan tetap melekat walaupun burung Kacer sudah dipelihara didalam kandang.

Tapi sebagian besar burung Kacer hilang sifat fighternya setelah dipelihara lama didalam kandang. Kebanyakan burung Kacer menjadi terlalu jinak, manja dan kolokan.

Sifat manja tersebut terjadi karena kesalahan dalam perawatan dan perlakuan sehari-harinya, sehingga burung Kacer menjadi kehilangan karakternya sebagai burung petarung yang agresif.

Kebanyakan burung Kacer yang jinak dan manja merupakan burung yang dipelihara dari lolohan dan selau dimanja serta digoda. Penyebab lainnya adalah kurangnya pemberian extra fooding (EF) yang mengakibatkan burung Kacer kekurangan asupan protein.

Jenis burung fighter seperti Kacer harus memiliki stamina yang prima untuk menunjang karakter fighternya, karena untuk melakukan pertarungan memerlukan energi yang besar.

Jadi untuk menjaga stamina burung Kacer agar selalu prima, maka harus diberikan asupan pakan berprotein tinggi dalam jumlah yang cukup.

Baca juga: Jenis pakan dan extra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer serta manfaatnya

Oleh karena itu, porsi pemberian extra foosing (EF) harus benar-benar bisa mencukupi kebutuhan protein burung Kacer. Jangan hanya diberikan voer saja karena tidak akan bisa mencukupi kebutuhan nutrisi burung Kacer.

Kurangnya pemberian extra fooding (EF) akan menyebabkan burung Kacer selalu merasa lapar dan akibatnya setiap melihat pemiliknya atau orang lain disekitar kandangnya, maka burung Kacer yang kelaparan tersebut akan merengek-rengek manja meminta makanan.

Jika hal itu terus berlangsung selama bertahun-tahun, maka akan mengakibatkan lunturnya jiwa fighter burung Kacer, sehingga akan menjadi manja dan kolokan.

Burung Kacer akan menjadi semakin manja dan kolokan karena kebiasaan buruk tersebut terus berlangsung setiap harinya, apalagi jika Kacer tersebut sering digoda maka sifat manjanya akan semakin parah.

Jika sudah begitu maka burung Kacer tersebut tidak bisa diharapkan lagi untuk bisa tampil maksimal ketika dilombakan.

Untuk mengembalikan jiwa fighternya, burung Kacer perlu mendapat terapi khusus untuk mengembalikan nalurinya sebagai petarung. Dan biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama agar Kacer tersebut kembali fighter dan garang.

Baca juga: Tips perawatan untuk Kacer yang kurang fighter

Berikut ini tahapan perawatan untuk mengembalikan sifat fighter Kacer yang terlalu manja:

1. Perlakuan sehari-hari

Untuk mengembalikan sifat fighter Kacer sebaiknya jangan perna digoda lagi, cukup dirawat biasa saja, seperti mandi keramba, jemur teratur dan saat memberikan extra fooding (EF) jangan langsung dari tangan, tapi ditaruh saja dicepuk.

2. Perbaikan gizi

Berikan jangkrik sekenyangnya setiap hari untuk perbaikan gizi dan memulihkan stamina burung Kacer yang sudah lama kekurangan gizi.

3. Menaikkan emosinya

Untuk mendongkrak emosinya bisa dengan cara jemur kuat setiap hari sampai burung Kacer mangap dan gelisah. Setelah kuat dijemur lama bisa dilanjutkan dengan jemur sauna (burung kering kerodong kering) untuk mendongkrak emosinya dan membuat nafasnya lebih panjang.

Baca juga: Settingan lomba untuk Kacer agar emosi dan konslet digantangan

4. Mengembalikan sifat liarnya

Agar menjadi lebih agresif sebaiknya burung Kacer dibuat agar semi giras, karena jika terlalu jinak biasanya rawan mbagong.

Untuk membuat burung Kacer yang tadinya jinak agar menjadi lebih giras caranya dengan di umbar seminggu 2 - 3 kali agar naluri liarnya kembali lagi.

Selain untuk menjadikan burung Kacer menjadi lebih giras, pengumbaran juga bermanfaat untuk melatih stamina burung Kacer agar lebih kuat dan memiliki nafas panjang.

5. Penempatan

Tempatkan burung Kacer ditempat yang sepi (di asingkan) untuk membatasi interaksi dengan lingkungan sekitar yang berpotensi menyebabkannya menjadi manja.

Kerodang kandangnya setiap hari (Full kerodong) agar burung Kacer bisa istirahat total dan agar emosinya tetap stabil.

Lakukan perawatan di atas secara konsisten agar burung Kacer yang tadinya manja dan kolokan bisa kembali pada sifat aslinya sebagai burung fighter yang agresif.

Baca juga: Cara paling ampuh untuk membentuk mental fighter Kacer lomba

Demikian sedikit informasi tentang cara mengembalikan sifat fighter Kacer yang jinak dan manja yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara mengembalikan jiwa fighter Kacer yang terlalu jinak dan manja"