Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips perawatan Kacer trotolan agar memiliki mental fighter yang tangguh

gambar anakan / trotolan burung kacer
Kacer Trotolan

Onkicau.com - Memiliki Kacer yang bisa berprestasi tentunya menjadi impian bagi semua Kacer Mania. Tapi untuk menjadikan burung Kacer juara tidak semudah yang dibayangkan.

Merawat burung Kacer, terutama Kacer lomba memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dengan segala permasalahannya seperti mbagong, hilang fighter, kanibal dan lainnya yang membuat banyak Kacer Mania menyerah dan memilih beralih haluan bermain burung jenis lain.

Bagi pemain Kacer yang berkantong tebal tentunya tidak ada masalah, tinggal beli Kacer yang sudah berprestasi dan meneruskannya saja dengan perawatan dan settingan dari pemilik sebelumnya.

Tapi lain cerita bagi para Kacer Mania yang berkantong tipis, tentunya hanya mampu membeli Kacer bahan atau Kacer rumahan yang harganya masih terjangkau dan berharap bisa mengorbitkannya agar bisa berprestasi.

Namun pada kenyataannya sebagian besar hasilnya zonk, karena Kacer-Kacer yang ada dipasaran rata-rata adalah Kacer buangan atau Kacer yang sudah rusak dan sulit untuk diperbaiki, dan akhirnya nasibnya terdampar dipasar burung.

Tapi bukan tidak mungkin impian untuk memiliki Kacer yang bagus dan bisa berprestasi itu bisa diwujudkan dengan modal yang minim, salah satu caranya adalah dengan merawat burung Kacer dari trotolan agar bisa dibentuk mental dan karakternya sejak dini.

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan Kacer trotolan hutan dibanding Kacer ternak

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih trotolan Kacer yang prospek:

1. Jenis kelamin

Pilihlah anakan burung Kacer yang berjenis kelamin jantan. Sebaiknya belilah trotolan Kacer pada peternak yang sudah terpercaya dan yang memberikan jaminan bahwa trotolan Kacer yang dijualnya berjenis kelamin jantan.

Demikian juga jika membeli trotolan Kacer hutan, usahakan untuk membelinya pada pedagang yang sudah dikenal baik agar ada jaminan jika ternyata trotolan Kacer tersebut berjenis kelamin betina bisa dikembalikan.

Sebelum membeli Kacer trotolan sebaiknya kenali dulu ciri-ciri dan perbedaan antara Kacer trotolan jantan dan Kacer trotolan betina agar tidak salah pilih.

Berikut ini beberapa ciri-ciri umum trotolan Kacer jantan:

- Bulu-bulu hitam pada anakan / trotolan Kacer jantan warnanya lebih pekat.
- Warna trotolnya terlihat lebih coklat.
- Bentuk kepalanya terlihat papak.
- Postur tubuhnya lebih tegak saat berdiri.
- Tingkah lakunya lebih agresif.
- Ujung lidah pada bagian dalam yang berbentuk huruf V tedapat spot berwarna hitam.

Baca juga: Ciri-ciri yang membedakan Kacer trotolan jantan dan betina

2. Katuranggan

Dikalangan Kicau Mania dikenal istilah katuranggan, yaitu suatu cara untuk memperkirakan potensi seekor burung dari bentuk tubuh atau ciri fisiknya.

Cara ini juga bisa digunakan untuk memilih anakan / trotolan burung Kacer untuk meramal potensinya dimasa depan.

Pilihlan trotolan Kacer yang memiliki bentuk tubuh ramping memanjang dengan kedua sayapnya mengapit rapat dikedua sisi tubuhnya.

Pilihlah trotolan Kacer yang bentuk kepala papak, memiliki paruh tebal dan panjang, mata melotot dengan sorot mata yang tajam dan memiliki kaki besar dengan cengkeraman yang kuat.

3. Perilaku

Pilihlah trotolan Kacer yang tingkah lakunya paling agresif dari yang lain, nafsu makannya paling rakus dan yang berdirinya tegak membusungkan dada sehingga terkesan seperti menantang.

Baca juga: Beda perilaku antara Kacer bermental juara dan Kacer bermental pecundang

Perawatan yang tepat untuk Kacer trotolan agar lebih fighter setelah dewasa:

1. Lingkungan

Setelah mendapatkan trotolan Kacer yang prospek, tahap selanjutnya adalah menempatkan burung dikandang yang sesuai dan memberikan perawatan yang baik dan tepat.

Jika tujuannya untuk lomba, usahakan hanya memelihara satu ekor burung Kacer saja, jangan ada burung Kacer lain dirumah, apalagi yang sudah dewasa dan gacor karena hal itu akan membuat Kacer trotolan merasa selalu terintimidasi dan bisa berakibat pada rusaknya mental Kacer trotolan tersebut.

Sebaiknya Kacer trotolan hanya ditemani burung-burung kecil saja seperti burung Pleci, Kolibri, Kenari atau burung-burung Kecil lainnya sebagai masteran untuk menambah variasi isiannya sekaligus untuk menguatkan mental Kacer trotolan tersebut karena akan merasa paling dominan dan paling berkuasa di lingkungannya.

Hal itu akan akan berdampak positif nantinya, karena setelah Kacer trotolan tersebut dewasa akan memiliki mental sebagai penguasa wilayah karena setiap hari merasa menjadi yang paling dominan diantara burung-burung lainnya.

2. Pemberian pakan dan extra foosing (EF)

Berikan pakan bergizi berupa voer berprotein tinggi dan extra fooding (EF) seperti jangkrik, belalang, kroto dan lainnya secara rutin dan teratur. Gelontor pemberian extra fooding (EF) sekenyangnya agar pertumbuhan Kacer trotolan lebih optimal.

3. Perawatan mandi dan penjemuran

Mandikan dan jemur Kacer trotolan secara teratur disesuaikan dengan karakternya agar burung selalu sehat. Bersihkan kandangnya setiap hari agar Kacer trotolan yang dipelihara merasa nyaman dan terhindar dari serangan penyakit.

4. Penempatan

Sebaiknya penempatan kandangnya sering dipindah-pindah agar burung Kacer terbiasa berkicau dimanapun agar nantinya setelah dewasa tidak menjadi jago kandang yang hanya berani berkicau disatu tempat saja.

5. Umbaran

Sebaiknya burung Kacer dibiasakan untuk diumbar dari kecil agar staminanya terbentuk sejak dini. Dengan sering terbang menggunakan sayapnya untuk terbang didalam kandang umbaran maka kondisi fisiknya akan selalu fit, staminanya semakin prima dan nafasnya menjadi lebih panjang.

Baca juga: Manfaat kandang umbaran untuk Kacer

Demikian sedikit informasi tentang cara merawat Kacer trotolan agar memiliki mental fighter tangguh yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tips perawatan Kacer trotolan agar memiliki mental fighter yang tangguh"