Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membaca karakter Kacer dari bentuk fisiknya

gambar burung kacer fighter
Ilustrasi Kacer tipe fighter tinggi

Onkicau.com - Dikalangan Kicau Mania dikenal istilah katuranggan atau ilmu untuk memprediksi kualitas seekor burung dari bentuk fisiknya.

Maskipun tidak bisa dibuktikan secara pasti keakuratannya, tapi tidak ada salahnya jika kita menggunakannya untuk memilih burung Kacer yang akan dipelihara.

Berikut ini beberapa karakter burung Kacer berdasarkan bentuk fisiknya:

1. Kepala

Pilihlah burung Kacer yang bentuk keplanya cepak / papak karena hal itu menandakan jika Kacer tersebut memiliki mental fighter tangguh, bandel dan tahan gempuran.

Sedangkan burung Kacer yang bentuk kepalanya besar dan bulat menandakan jika burung Kacer tersebut memiliki kecerdasan untuk merekam lebih banyak materi isian. Tapi biasanya mentalnya kurang bagus.

Baca juga: Cara paling ampuh untuk membentuk mental fighter Kacer lomba

2. Paruh

Burung Kacer yang memiliki bentuk paruh tebal menandakan jika burung tersebut memiliki volume suara yang keras dan tebal.

Burung Kacer yang memiliki bentuk paruh tipis dan runcing menandakan jika burung tersebut memiliki volume suara yang cederung lebih tajam / kristal.

Burung Kacer yang memiliki bentuk paruh lurus menandakan jika burung tersebut memiliki gaya tarung duduk manis / anteng satu titik.

Burung Kacer yang memiliki bentuk paruh melengkung menandakan jika burung tersebut memiliki gaya tarung atraktif naik turun plangkringan.

Sedangkan burung Kacer yang memiliki bentuk paruh celah menandakan jika burung tersebut memiliki volume suara yang keras dan tembus.

Baca juga: Kelebihan Kacer paruh celah

3. Lubang hidung

Burung Kacer dengan lubang hidung kecil menandakan jika burung tersebut susah beradaptasi dengan lingkungan baru (mental rumahan / jago kandang).

Sedangkan burung Kacer dengan lubang hidung besar menandakan jika burung tersebut mudah beradaptasi dengan lingkungan baru (fighter sejati).

4. Mata

Burung Kacer yang matanya besar melotot dengan sorot mata yang tajam menandakan jika burung tersebut memiliki mental fighter tinggi dan memiliki karakter menyerang.

Sedangkan burung Kacer yang matanya sipit dan sayu menandakan jika burung tersebut mudah terkejut dan kurang fighter.

5. Leher

Burung Kacer yang lehernya jenjang menandakan jika burung tersebut memiliki tipe suara speed rapat.

Burung Kacer yang lehernya panjang dan besar menandakan jika burung tersebut memiliki tipe suara speed dan tembakan.

Burung Kacer yang lehernya pendek menandakan jika burung tersebut memiliki tipe suara ngeroll.

Dan burung Kacer yang lehernya pendek dan besar menandakan jika burung tersebut memiliki tipe suara roll tembak.

6. Dada

Burung Kacer yang dadanya lebar membusung menandakan jika burung tersebut memiliki mental fighter yang tangguh. Sedangkan burung Kacer yang dadanya sempit menandakan jika burung tersebut kurang fighter.

Baca juga: Tips perawatan untuk Kacer yang kurang fighter

7. Badan

Burung Kacer dengan badan besar menandakan jika burung tersebut memiliki power yang mantab. Sedangkan burung Kacer dengan badan yang pendek (buntet) menandakan jika burung tersebut tidak stabil / susah disetting.

Burung Kacer dengan bentuk badan panjang dan ramping menandakan jika burung tersebut memiliki gaya main yang atraktif serta bermental tangguh.

8. Sayap

Burung Kacer yang memiliki strip putih tebal pada bagian sayapnya (dalam kondisi normal / tidak sedang tarung) menandakan jika burung tersebut memiliki mental fighter tinggi dan mudah di setting.

Sedangkan burung Kacer yang strip putih dibagian sayapnya tipis (dalam kondisi normal / tidak sedang tarung) menandakan jika burung tersebut susah dikondisikan.

9. Ekor

Burung Kacer dengan ekor panjang menandakan jika burung tersebut memiliki gaya tarung atraktif naik turun plangkringan. Sedangkan burung Kacer dengan ekor pendek menandakan jika burung tersebut memiliki gaya tarung duduk satu titik.

Baca juga: Cara merawat Kacer agar cepat gacor dan buka ekor

10. Kaki

Kacer dengan kaki panjang menandakan jika burung tersebut memiliki gaya tarung yang atraktif naik turun plangkringan. Sedangkan Kacer dengan kaki pendek menandakan jika burung tersebut memiliki gaya tarung duduk satu titik.

11. Cakar

Burung Kacer yang cakarnya besar dan kokoh menandakan jika burung tersebut memiliki mental fighter yang tangguh.

Burung Kacer yang cakar kecil menandakan jika burung tersebut memiliki mental fighter yang lemah.

Burung Kacer dengan cengkeraman yang kuat menandakan jika burung tersebut memiliki karakter menyerang. Sedangkan burung Kacer dengan cengkeraman yang lemah menandakan jika burung tersebut memiliki karakter bertahan.

Ciri-ciri burung Kacer berdasarkan katuranggan tersebut tidak bisa dijadikan patokan yang akurat 100% untuk mementukan kualitas setiap individu Kacer, tapi cukup untuk dijadikan sebagai pertimbangan saja sebelum membelinya..

Kualitas burung Kacer sebetulnya relatif dan tidak hanya ditentukan oleh katuranggan saja, karena masih banyak faktor lain yang menentukan bagus atau tidaknya kualitas burung Kacer, diantaranya adalah faktor keturunan, faktor perawatan dan perlakuan sehari-hari, sampai pada settingan harian dan lomba yang tepat.

Baca juga: Settingan lomba untuk Kacer agar emosi dan konslet digantangan

Demikian sedikit informasi tentang cara mengetahui karakter burung Kacer dari bentuk fisiknya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Membaca karakter Kacer dari bentuk fisiknya"