Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara ampuh untuk mengatasi Kacer mbagong

gambar burung kacer mbagong / mbedesi
Ilustrasi Kacer mbagong dan Kacer ngobra

Onkicau.com - Permasalahan utama dalam merawat burung Kacer yang menjadi momok menakutkan bagi para pemain Kacer adalah perilaku mbagong / mbedesi.

Meskipun Kacer merupakan burung tipe fighter yang sangat agresif, namun ketika berperilaku mbagong maka predikatnya sebagai burung petarung sirna seketika karena Kacer akan tampak seperti pecundang dan tidak tampak lagi kesan gagah dan garangnya.

Perilaku mbagong pada burung Kacer bisa disebabkan karena beberapa faktor, bisa karena kalah mental / kalah tarung, over birahi (OB) atau kurang kondisi (tidak fit).

Pada artikel kali ini akan membahas tentang cara mengatasi mbagong pada Kacer khusus tipe fighter rendah. Jadi mungkin agak berbeda cara penanganannya dengan artikel sebelumnya.

Baca juga: Penyebab utama Kacer mbagong dan cara mengatasinya

Sebelum menerapkan tips-tips pada artikel kali ini, sebaiknya pahami dulu karakter dari Kacer yang akan diterapi, apakah tipe fighter tinggi atau tipe fighter rendah agar treatment yang diterapkan bisa efektif dan tidak berakibat fatal.

Mbagong / mbedesi pada dasarnya adalah cerminan dari kondisi burung Kacer yang kurang baik dari segi fisik maupun mentalnya.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, tapi penyebab yang paling utama adalah karena salah perawatan dalam rentang waktu yang cukup lama dan menyebabkan masalah tersebut terus menumpuk dan menjadi kronis.

Pola perawatan harian dari mulai pemberian pakan, perlakuan, sampai perawatan mandi dan penjemuran yang tidak sesuai dengan karakter burung Kacer semakin membuat kondisi burung terus memburuk tanpa pernah kita sadari.

Penyebab Kacer mbagong antara lain:

1. Kekurangan nutrisi dalam waktu yang lama akan menyebabkan kondisi fisik burung Kacer menjadi semakin lemah karena kurang gizi.

2. Kurangnya penjemuran dalam kurun waktu yang lama menyebabkan suhu tubuh burung Kacer menjadi semakin minus dari suhu idealnya.

3. Jadwal mandi yang terlalu sering membuat suhu tubuh burung Kacer semakin menurun.

4. Pemberian extra fooding (EF) yang tidak sesuai dengan karakter burung Kacer juga dapat menyebabkan kondisi burung semakin berantakan.

5. Pemberian extra fooding (EF) yang berlebihan dan tidak di imbangi dengan olah raga (pengumbaran) juga akan semakin memperburuk kondisi burung Kacer karena tidak adanya pembakaran kalori sehingga menebabkan penumpukan lemak dan menyebabkan kondisi fisik burung Kacer menjadi lemah serta rentan terserang penyakit.

Baca juga: Penyebab Kacer nyilet dan cara mengatasinya

Berikut ini terapi khusus untuk mengatasi Kacer mbagong:

Tahap pertama:

Perbaiki asupan gizinya dengan pemberian jangkrik sekenyangnya (tanpa batas) agar kondisi fisik burung Kacer kembali fit dan staminanya kembali pulih. Tambahkan ulat hongkong sebanyak 5/5 pagi/sore.

Untuk mempercepat pemulihan kondisinya, sebaiknya kandangnya selalu dikerodong (full kerodong) selama 24 jam setiap hari agar Kacer istirahat total untuk memulihkan kondisinya.

Buka kerodong hanya pada saat membersihkan kandang dan memberikan pakan serta mengganti air minumnya saja.

Terapi ini adalah tahap pemulihan stamina sebagai persiapan untuk menjalani terapi tahap kedua yang akan menguras stamina burung Kacer.

Lakukan treatment ini selama 7 - 10 hari tanpa mandi dan tanpa dijemur. Setelah treatment tahap pertama selesai, kemudian dilanjutkan dengan treatment tahap kedua.

Baca juga: Pakan dan extra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer serta manfaatnya

Tahap kedua:

Jangkrik tetap diberikan sekenyangnya (tanpa batas) dan jika perlu full jangkrik tanpa diberikan voer. Stop pemberian ulat hongkong (UH).

Jemur burung Kacer dengan durasi maksimal setiap hari sampai terlihat mangap dan benar-benar gelisah. Pada saat dijemur, voer dan air minumnya diambil agar panasnya lebih maksimal dan cukup diberikan jangkrik sebanyak 15 - 20 ekor diletakkan didalam cepuknya.

Setelah Kacer terlihat mangap dan gelisah, segera angkat dan di anginkan sampai tidak mangap lagi baru diberikan voer dan air minum. Berikan jangkrik lagi sebanyak 15 - 20 ekor diletakkan didalam cepuk lalu kerodong sampai pagi.

Tempatkan kandangnya diruangan yang hangat, misalnya didalam ruangan tertutup tapi yang masih terkena sinar matahari dari jendela kaca atau dari genting kaca sehingga ruangan tersebut mejadi terasa gerah. Atau bisa digantung dibawah atap asbes, atap seng atau atap kanopi yang transparan.

Jika ada waktu luang untuk mengawasi, bisa dilakukan jemur kerodong / jemur sauna (burung kering kerodong kering) selama seminggu untuk mendongkrak emosi Kacer dan melatih nafasnya agar lebih panjang.

Tapi untuk melakukan terapi sauna harus benar-benar di awasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Berikan jangkrik diletakkan didalam cepuknya sebanyak 15 - 20 ekor dan jika Kacer sudah terlihat gelisah harus segera diangkat lalu di anginkan dulu sampai suhu tubuhnya normal. Berikan jangkrik sebanyak 15 - 20 ekor lagi baru dikerodong dan biarkan istirahat sampai pagi.

Untuk perawatan mandi cukup dilakukan seminggu sekali saja jika cuaca panas. Dan jika cuaca dingin atau turun hujan tidak perlu dimandikan dan berikan ulat hongkong (UH) untuk menghangatkan tubuhnya.

Lakukan perawatan di atas setiap hari dengan pembagian 7 hari untuk penjemuran biasa dan 7 hari untuk jemur kerodong / jemur sauna.

Baca juga: Manfaat terapi sauna untuk Kacer

Tahap ketiga:

Setelah treatment tahap kedua dilakukan, kemudian dilanjutkan dengan perawatan tahap ketiga, yaitu melatih stamina burung Kacer. Setelah dimanjakan dengan pemberian extra fooding (EF) tanpa batas pada treatman ke-1 dan ke-2, maka pada treatment ke-3 ini saatnya untuk membakar kalori yang menumpuk dengan cara di umbar.

Aktivitas burung Kacer masih sama seperti sebelumnya, pagi dikeluarkan untuk dijemur lalu diberikan jangkrik sebanyak 15 - 20 ekor diletakkan didalam cepuk. Setelah jam 10 burung Kacer dipindahkan ke dalam kandang umbaran yang terkena sinar matahari secara langsung.

Didalam kandang umbaran juga harus disediakan air minum dan jangkrik sebanyak 15 - 20 ekor agar burung Kacer bisa makan kapan saja saat merasa lapar.

Latih burung Kacer untuk terbang bolak-balik didalam kandang umbaran untuk melatih staminanya, tapi harus dilakukan secara bertahap dan jangan langsung diforsir. Pada tahap awal latihan terbang dilakukan sekuatnya saja karena burung Kacer masih belum terbiasa untuk terbang.

Pada awal-awal diumbar burung Kacer akan terlihat ngos-ngosan walaupun hanya beberapa kali terbang saja dan kemungkinan kondisinya juga akan ngedrop karena kelelahan. Hal itu wajar karena sudah sekian lama otot-otot sayapnya tidak pernah digunakan untuk terbang.

Lakukan latihan terbang bolak-balik didalam kandang umbaran secara bertahap dilakukan 1 - 2 kali dalam seminggu agar burung Kacer tidak kelelahan.

Jika akan dilombakan, minimal H-4 menjelang lomba burung Kacer sudah harus istirahat total, terutama dari aktivitas umbaran untuk menyimpan tenaga dan beradaptasi dengan kandang hariannya atau kandang lomba.

Baca juga: Manfaat kandang umbaran untuk Kacer

Lakukan tahapan-tahapan perawatan tersebut secara konsisten agar hasilnya lebih maksimal. Setelah semua tahapan dilakukan, burung Kacer tersebut bisa dicoba untuk ditrek dengan beberapa ekor burung Kacer lainnya. Sebelum ditrek berikan jangkrik sekenyangnya ditambah ulat hongkong (UH) sebanyak 10 - 15 ekor.

Lihat performanya apakah sudah ada kemajuan, jika performanya sudah bagus maka bisa dicoba di ikutkan latber untuk mengetahui kinerja Kacer tersebut digantang.

Jika performanya sudah bagus tanpa mbagong sama sekali, maka Kacer tersebut bisa mulai dimandikan 2 kali seminggu dan porsi pemberian jangkrik dikurangi menjadi 10/10 pagi/sore.

Tapi jika ternyata belum ada kemajuan, maka treatmentnya harus dilanjutkan lagi dan cukup dimandikan seminggu sekali kemudian evaluasi lagi dimana kekurangannya.

Baca juga: Penyebab Kacer kehilangan jiwa fighter

Demikian sedikit informasi tentang cara ampuh untuk mengatasi Kacer mbagong / mbedesi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara ampuh untuk mengatasi Kacer mbagong"