Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal karakter Kacer agar tidak salah perawatan

gambar burung kacer tipe panas
Burung Kacer Poci

Onkicau.com - Pada dasarnya Kacer adalah burung tipe fighter, tapi ada yang tipe fighter tinggi dan ada yang tipe fighter rendah. Jadi harus dibedakan pola perawatannya karena kedua tipe Kacer tersebut memiliki karakter yang berbeda.

Oleh karena itu, kita harus jeli dan harus bisa memahami karakter Kacer yang kita pelihara termasuk kategori fighter tinggi atau fighter rendah agar bisa menentukan pola perawatan yang tepat untuk burung Kacer tersebut.

Masing-masing individu burung Kacer memerlukan perawatan yang berbeda sesuai dengan karakternya agar dapat mencapai performa maksimalnya. Karena jika sampai salah perawatan maka hasilnya tidak bisa seperti yang diharapkan walaupun sudah kita upayakan dengan perawatan yang maksimal.

Baca juga: Settingan lomba untuk Kacer agar emosi dan konslet digantangan

Berikut ini pola perawatan Kacer sesuai dengan karakternya:

1. Kacer tipe fighter tinggi (tipe panas)

Burung Kacer tipe fighter tinggi cenderung sangat agresif dan jika bertemu lawan maka akan langsung menyerang dengan ngotot. Tapi jika salah perawatan biasanya Kacwer tipei ini bertingkah nakal dan rawan mbagong.

Kacer tipe fighter tinggi atau tipe panas emosinya cenderung meluap-luap, jadi harus diberikan perawatan dingin untuk meredam tingkat emosinya agar tidak over.

Perawatan harian untuk Kacer tipe panas (fighter tinggi):

• Pengembunan

Jika cuaca cerah embunkan burung Kacer setiap hari mulai jam 05:00 atau jam 05:30 pagi untuk menghirup udara segar. Cuaca dingin pagi hari juga sangat bagus untuk menstabilkan suhu tubuh Kacer sehingga emosinya juga akan stabil.

• Perawatan mandi

Kacer tipe fighter tinggi / tipe panas membutuhkan intensitas mandi lebih sering untuk mendinginkan suhu tubuhnya dan meredam emosinya. Jadi sebaiknya, mandikan burung Kacer setiap hari dan jika perlu bisa ditambah dengan mandi malam.

• Penjemuran

Kacer tipe fighter tinggi tidak memerlukan penjemuran yang lama karena emosinya sudah tinggi. Jadi untuk penjemuran cukup cukup dilakukan selama 30 menit saja dan maksimal selama 1 jam setiap hari, atau jika burung Kacer sudah terlihat mangap dan gelisah segera di angkat dan diteduhkan.

• Extra fooding (EF)

Kacer tipe panas (fighter tinggi) sebetulnya lebih mudah disetting karena pada dasarnya sudah memiliki bekal mental yang tangguh. Yang terpenting dari perawatan Kacer tipe ini adalah mengontrol emosinya agar tetap stabil.

Extra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer tipe panas adalah yang bersifat dingin atau yang tidak berpotensi menaikkan suhu tubuh Kacer secara signifikan tapi yang dapat mendongkrak staminanya dengan cepat, seperti jangkrik, kroto, belalang, ulat daun pisang, ulat bumbung (cilung) dan bisa juga diberikan buah pepaya.

Tapi jika burung Kacer tidak mau memakan buah pepaya, maka alternatifnya dengan memberikan pakan pepaya dan sayuran segar pada jangkrik sebelum diberikan pada burung Kacer.

• Penempatan

Tempatkan burung Kacer dilokasi yang sejuk dan pada siang hari tidak perlu dikerodong. Burung Kacer tipe panas sebaiknya hanya dikerodong pada malam hari saja untuk melindunginya dari cuaca dingin dan agar tidak memakan serangga beracun yang sering mengerubungi lampu pada malam hari.

• Umbaran

Umbar burung Kacer seminggu 2 - 3 kali untuk melatih stamina dan nafasnya. Pengumbaran juga bermanfaat untuk menurunkan birahi burung Kacer yang berlebihan. Pada saat di umbar, berikan jangkrik sekenyangnya agar staminanya tidak ngedrop.

Baca juga: Ciri-ciri Kacer over birahi (OB) dan cara mengatasinya

2. Kacer tipe fighter rendah:

Kacer tipe fighter rendah / tipe dingin cenderung kalem dan tidak terlalu agresif ketika bertemu lawan. Jadi yang terpenting adalah untuk mendongkrak emosinya agar lebih agresif dan lebih ngotot ketika bertemu lawan.

Kacer tipe dingin cenderung lambat panas, jadi perwatan yang cocok untuk Kacer tipe ini adalah perawatan panas untuk mendongkrak emosinya.

Perawatan yang tepat untuk Kacer tipe dingin (fighter rendah):

• Extra fooding (EF)

Berikan jangkrik secukupnya untuk menaikkan birahi dan menambah powernya, berikan juga ulat hongkong (UH) untuk menaikkan suhu tubuh dan tensinya agar emosi Kacer juga naik.

Extra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer tipe dingin adalah yang bersifat panas dan dapat menaikkan suhu tubuh burung secara signifikan, seperti jangkrik alam, ulat hongkong (UH), ulat kandang (UK), larva tawon, dan juga kelabang.

• Perawatan mandi

Untuk menjaga emosinya agar tetap stabil, Kacer cukup dimandikan 2 atau 3 hari sekali saja jika cuaca cerah (panas), dan jika cuaca dingin/hujan Kacer tidak perlu dimandikan, karena kalau terlalau sering dimandikan justru akan membuat sifat fighternya menurun.

• Penjemuran

Kacer tipe fighter rendah memerlukan penjemuran yang kuat untuk mendongkrak emosinya. Lakukan penjemuran secara rutin setiap hari dengan durasi 1 - 2 jam dan terus ditingkatkan sampai burung Kacer kuat dijemur selama 3 jam tanpa mangap dan gelisah.

• Penempatan

Tempatkan Kacer dilokasi yang hangat dan kandangnya dikerodong setiap hari (siang dan malam) agar sifat fighternya tetap terjaga. Lakukan juga pengumbaran 2 kali seminggu untuk melatih fisik dan staminanya.

Baca juga: Manfaat kandang umbaran untuk Kacer

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin beserta perawatannya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mengenal karakter Kacer agar tidak salah perawatan"