Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ulat daun pisang doping alami untuk mendongkrak performa Kacer

gambar ulat daun pisang
Ulat daun pisang

Onkicau.com - Selama ini belum banyak Kacer Mania yang memanfaatkan ulat daun pisang sebagai pakan tambahan / extra fooding (EF) untuk burung Kacer peliharaannya.

Mungkin karena belum banyak yang tahu tentang manfaat ulat daun pisang ini, atau mungkin karena kesulitan untuk mendapatkannya karena ulat ini hanya bisa ditemukan pada daun pisang yang menggulung seperti lontong.

Padahal jenis ulat ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, apalagi yang bagian dalam tubuhnya sudah berwarna putih kekuningan seperti lemak (yang hampir menjadi kepompong) kandungan proteinnya lebih tinggi.

Ulat daun pisang bisa di manfaatkan sebagai doping alami yang ampuh untuk mendongkrak performa burung Kacer dengan cepat.

Baca juga: Pakan dan extra fooding (EF) yang cocok untuk Kacer serta manfaatnya

Jika digunakan secara tepat (tidak berlebihan), ulat daun pisang sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan birahi burung Kacer, baik itu Kacer lomba atau Kacer rumahan.

Tapi meskipun manfaatnya cukup banyak, pemberian ulat daun pisang secara berlebihan jelas tidak dianjurkan karena bisa membuat Kacer menjadi over birahi (OB), dan dalam jangka panjang bisa membuat burung Kacer mengalami kegemukan (obesitas).

Jadi sebaiknya ulat daun pisang hanya dijadikan sebagai pakan selingan saja khusus untuk Kacer tipe fighter tinggi yang emosinya meledak-ledak. Karena kandungan air pada ulat ini bisa menstabilkan suhu tubuh Kacer.

Berikut ini porsi pemberian ulat daun pisang yang di anjurkan untuk burung Kacer:

1. Untuk perawatan harian:

Untuk perawatan harian, burung Kacer cukup diberikan ulat daun pisang (ukuran besar) dengan porsi 2 ekor pada pagi hari dan 2 ekor pada sore hari diberikan seminggu sekali.

2. Untuk perawatan lomba:

Saat Kacer akan dilombakan, pemberian ulat daun pisang bisa dimulai pada H-3 atau H-2 sebelum lomba dengan porsi 2 ekor pada pagi hari dan 3 ekor pada sore hari.

Pada hari H menjelang lomba, tepatnya pagi sebelum dilombakan cukup diberikan 1 ekor ulat daun pisang saja.

Sebelum diberikan pada burung Kacer, serbuk putih yang ada pada tubuh ulat harus dibersihkan dulu dengan air sampai bersih.

Karena ulat daun pisang hanya diberikan sebagai pakan selingan, maka extra fooding (EF) lainnya seperti jangkrik dan kroto harus tetap diberikan seperti biasanya.

Baca juga: Ciri-ciri Kacer over birahi (OB) dan cara mengatasinya

Demikian sedikit informasi tentang manfaat ulat daun pisang untuk burung Kacer yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ulat daun pisang doping alami untuk mendongkrak performa Kacer"