Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan tepat untuk Lovebird mabung/ngurak

gambar lovebird mabung
Ilustrasi Lovebird mabung/ngurak

On Kicau - Mabung/ngurak adalah siklus alami yang akan dialami oleh semua jenis burung termasuk Lovebird (LB). Mabung/ngurak adalah proses dimana bulu-bulu lama yang sudah tua/rusak akan rontok dan akan digantikan dengan tumbuhnya bulu-bulu yang baru.

Pada saat mabung/ngurak, Lovebird (LB) menjadi tidak bergairah untuk melakukan aktifitas seperti biasanya termasuk berkicau. Lovebird (LB) menjadi kurang aktif, terlihat lesu dan lebih banyak diam.

Tapi terkadang ada juga sebagian dari para pemilik Lovebird (LB) yang tetap mamaksakan burungnya untuk terus berkicau, bahkan dilombakan walaupun dalam kondisi mabung/ngurak. Padahal pada saat mabung/ngurak, Lovebird (LB) menghabiskan banyak sekali energi untuk merontokkan dan menumbuhkan kembali bulu-bulu barunya.

Baca juga: Penyebab dan cara mengatasi Lovebird cabut bulu

Memang ada beberapa individu Lovebird (LB) yang justru performanya lebih bagus di arena lomba ketika dalam kondisi mabung/ngurak, tapi itu hanya berlaku bagi burung-burung tertentu saja, tidak bisa disama ratakan untuk semua Lovebird (LB) pada umumnya.

Karena untuk normalnya, Lovebird (LB) yang sedang mabung/ngurak membutuhkan istirahat yang cukup untuk menyelesaikan masa mabungnya dengan sempurna.

Pada saat mabung/ngurak, metabolisme tubuh Lovebird (LB) akan meningkat, karena itu Lovebird (LB) sangat membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin yang cukup tinggi.

Berikut ini perawatan harian yang tepat untuk Lovebird (LB) pada saat mabung/ngurak:

• Full kerodong, karena pada saat mabung bulu-bulunya tidak akan cukup untuk melindungi tubuhnya dari cuaca dingin, dan usahakan untuk memakai kerodong yang berbahan tebal.

• Tempatkan Lovebird (LB) ditempat yang tenang tanpa gangguan agar bisa istirahat total dan fokus untuk menyelesaikan masa mabungnya.

• Jangan dijemur terlalu lama, karena pada saat mabung, Lovebird (LB) tidak terlalu membutuhkan sinar Matahari, tapi justru malah membutuhkan tingkat kelembaban yang tinggi untuk mempercepat proses pertumbuhan bulu-bulu barunya.

Lovebird (LB) cukup dijemur 15 menit saja pada jam 07.00 pagi setelah pemberian pakan dan air minum serta pembersihan kandangnya.

• Mandikan Lovebird (LB) seminggu sekali saja selama masa merontokkan bulu. Mulai mandikan Lovebird (LB) 2-3 hari sekali pada saat bulu-bulu baru mulai tumbuh dan mulai mandikan setiap hari setelah semua bulunya tumbuh sempurna.

• Setelah semua bulunya tumbuh sempurna, jangan dijemur terlalu lama dulu. Durasi penjemuran ditingkatkan secara bertahap sampai bulu-bulunya benar-benar sudah kuat, kira-kira setelah 2 bulan setelah selesai mabung.

Pakan dan Ekstra fooding (EF) untuk Lovebird (LB) yang sedang mabung/ngurak:

• Telur rebus

Telur mengandung protein tinggi dan biotin yang sangat diperlukan oleh Lovebird (LB) pada saat masa mabung/ngurak. Ambil kuning telur dipotong kecil-kecil lalu taruh dalam cepuk khusus, atau bisa juga dikeringkan terlebih dulu dengan cara dijemur atau di oven.

• Tulang sotong

Sediakan tulang sotong setiap hari sebagai sumber kalsium untuk Lovebird (LB) agar bulu-bulunya tumbuh lebih kuat.

• Biji kwaci

Campurkan biji kwaci dicepuk pakannya, porsinya bisa dilebihkan. Kandungan vitamin E pada biji kwaci dapat membuat bulu-bulu Lovebird (LB) lebih mengkilap.

• Berikan jagung manis dan sayur-sayuran segar dengan menu bervariasi agar Lovebird (LB) tidak bosan dan tercukupi nutrisinya.

• Buah juga harus diberikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin Lovebird (LB) pada saat masa mabung/ngurak.

• Pakan utama Lovebird (LB) berupa milet tetap diberikan setiap hari, dan akan lebih baik kalau milet terlebih dulu dicampur dengan minyak ikan agar bulu-bulu Lovebird tumbuh lebih kuat dan lebih mengkilap.

Baca juga:

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan Lovebird

Ciri-ciri Lovebird jantan dan betina

Demikian sedikit informasi tentang perawatan tepat untuk Lovebird (LB) mabung/ngurak yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Lovebird (LB), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perawatan tepat untuk Lovebird mabung/ngurak"