Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan khusus untuk Cucak ijo nyulam bulu

gambar burung cucak ijo mabung / nuyulam bulu
Burung Cucak ijo nyulam bulu

Onkicau.com - Burung Cucak ijo (CI) sangat jarang mengalami mabung total, rata-rata burung ini hanya akan mengalami nyulam bulu atau ganti bulu secara bergantian sehingga tidak perlu dilakukan perawatan khusus.

Tapi jika burung Cucak ijo mengalami nyulam bulu dengan jumlah bulu yang rontok cukup banyak, maka perlu dilakukan perawatan khusus mabung agar proses pergantian bulunya cepat selesai dan tetap gacor.

Pada saat nyulam / mabung burung Cucak ijo perlu diberikan perawatan ekstra karena proses pergantian bulu pada saat nyulam / mabung akan menyerap sebagian besar dari kandungan protein didalam tubuh burung Cucak ijo.

Jadi selama masa mabung / nyulam burung Cucak ijo perlu diberikan asupan protein yang lebih banyak dari biasanya (saat tidak mabung).

Oleh karena itu, pada saat nyulam / mabung burung Cucak ijo harus diberikan pakan berprotein tinggi dengan porsi yang lebih banyak agar bisa diserap dan disimpan sebagai protein khusus untuk pertumbuhan bulu-bulu baru.

Proses ini sangat penting bagi burung Cucak ijo yang harus bekerja ekstra untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pembentukan bulu-bulu baru dengan sempurna.

Baca juga: Cara mencabut bulu-bulu Cucak ijo yang sulit mabung atau rusak secara aman

Berikut ini cara merawat burung Cucak ijo mabung / nyulam bulu agar cepat tuntas:

1. Tempatkan burung Cucak ijo yang sedang mabung dilokasi yang tenang dan dijauhkan dari aktivitas Manusia serta gangguan-gangguan lain disekitarnya yang berpotensi menghambat proses mabungnya.

2. Setiap hari sebaiknya kandangnya dikerodong (full kerodong) agar burung Cucak ijo bisa istirahat total dan fokus untuk menyelesaikan masa mabungnya. Buka kerodong hanya pada saat memberikan pakan dan air minum serta membersihkan kandangnya.

3. Pada saat mabung burung Cucak ijo cukup dimandikan seminggu sekali saja.

4. Penjemuran cukup dilakukan selama 15 menit saja setiap hari mulai jam 07:00 pagi.

5. Porsi pemberian extra fooding (EF) diperbanyak:

Jangkrik diberikan sekenyangnya setiap pagi dan sore, karena burung yang sedang mabung membutuhkan lebih banyak asupan protein untuk pembentukan bulu-bulu baru.

Sebetulnya secara naluri burung Cucak ijo lebih tahu kebutuhan tubuhnya, biasanya pada saat mabung / nyulam burung Cucak ijo bisa menghabiskan 8 - 10 ekor jangkrik sekali makan.

Sedangkan pada saat tidak mabung burung Cucak ijo akan membatasi sendiri asupan proteinnya dengan hanya mengkonsumsi jangkrik sebanyak 3 - 5 ekor saja sekali makan, kerena jumlah tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan proteinnya pada kondisi normal (tidak dalam masa mabung / nyulam).

Berikan juga ulat hongkong sebanyak 5 ekor pada pagi dan sore hari pada saat burung Cucak ijo sedang merontokkan bulu-bulunya. Karena efek panas yang ditimbulkan dari pemberian ulat hongkong (UH) bisa membantu mempercepat rontoknya bulu-bulu lama Cucak ijo. Kroto segar diberikan 1 sendok makan setiap hari.

Baca juga: Cara mengobati burung Cucak ijo serak

6. Berikan buah setiap hari dengan menu bervariasi seperti pisang kepok, pepaya, apel, sawo dan buah-buahan lainnya agar kebutuhan nutrisi dan vitamin burung Cucak ijo terpenuhi. Perbanyak porsi pemberian buah pepaya untuk membantu metabolisme tubuh burung.

7. Kebersihan kandang dan perlenkapannya juga harus diperhatikan pada saat burung Cucak ijo nyulam bulu. Usahakan untuk membersihkan kandangnya setiap hari, termasuk tangkringan, tempat pakan dan tempat air minumnya agar terbebas dari kuman dan bakteri penyebab penyakit. Krodongnya juga dicuci seminggu sekali menggunakan detergent.

8. Lakukan pemasteran untuk menambah variasi suara kicauannya, karena pada masa mabung / nyulam, burung Cucak ijo lebih banyak diam dan mendengar.

Masa mabung adalah waktu yang paling tepat untuk melakukan pemasteran ulang menggunakan suara-suara burung yang di inginkan dan disesuaikan dengan karakter suara Cucak ijo yang di master agar hasilnya lebih maksimal.

Sesuaikan karakter dan type suara Cucak ijo dengan suara burung masteran, atau bisa juga menggunakan Mp3 player karena burung ini sangat mudah untuk dimaster. Meskipun hanya menggunakan suara Mp3, burung Cucak ijo tetap bisa merekamnya dengan sangat baik.

Baca juga: Cara pemasteran Cucak ijo lomba dan Cucak ijo rumahan

Masa pemulihan pasca mabung / nyulam bulu:

1. Setelah burung Cucak ijo selesai mabung, mulailah untuk memandikannya setiap hari pada jam 07:00 atau jam 08:00 pagi. Biarkan Cucak ijo mandi sendiri sepuasnya didalam cepuk atau didalam keramba sesuai kebiasannya.

2. Setelah selesai dimandikan, kemudian burung di angin-anginkan dulu untuk mengeringkan bulu-bulunya. Setelah bulu-bulunya kering kemudian jemur Cucak ijo selama kurang lebih 15 - 20 menit saja karena bulu-bulunya masih belum kuat untuk menahan panas matahari terlalu lama.

Jika dijemur terlalu lama bisa menyebabkan bulu-bulunya yang masih baru menjadi kusam dan rusak. Durasi penjemuran bisa ditingkatkan setelah 1 - 2 bulan pasca mabung tapi harus dilakukan secara bertahap.

3. Porsi pemberian extra fooding (EF) mulai dibatasi. Tapi biasanya setelah selesai mabung / nyulam burung Cucak ijo tidak rakus lagi terhadap jangkrik dan hanya mau memakan jangkrik secukupnya saja sekitar 3 - 5 ekor sekali makan.

Tapi untuk mencegah agar burung Cucak ijo tidak mengalami over birahi (OB) sebaiknya cukup diberikan jangkrik sebanyak 3 ekor pada pagi dan sore hari. Kroto cukup diberikan seminggu 2 kali saja dengan porsi 1 sendok makan dan stop pemberian ulat hongkong.

4. Untuk pakan utamanya, berikan buah-buahan seperti pisang kepok putih, pepaya, apel, sawo atau buah-buahan lainnya diselang-seling agar burung Cucak ijo tidak bosan dan tercukupi kebutuhan vitaminnya.

Baca juga: Penyebab Cucak ijo over birahi (OB) dan cara mengatasinya

Demikian sedikit informasi tentang perawatan burung Cucak ijo mabung / nyulam bulu yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Cucak ijo (CI), dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perawatan khusus untuk Cucak ijo nyulam bulu"