Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merawat Kenari bahan agar cepat bunyi

burung kenari loper
Burung Kenari

On Kicau - Kenari adalah salah satu jenis burung kicauan yang pernah sangat booming dan banyak sekali peminatnya. Burung mungil ini memiliki suara kicauan nyaring dan ngeroll yang khas dengan warna bulu yang beragam sehingga membuat banyak orang tertarik untuk memelihara burung ini, karena selain memiliki suara kicauan yang merdu, penampilannya juga menarik dengan warna bulu cerah.

Meskipun pamor Kenari saat ini mulai meredup, tapi masih banyak Kenari Mania yang tetap setia merawat burung pemakan biji-bijian ini untuk dinikmati suara kicauannya, untuk dilombakan atau untuk dijadikan sebagai burung masteran.

Banyak penggemar Kenari yang lebih memilih memelihara Kenari bahan dengan alasan karena harganya lebih murah atau agar bisa dibentuk sesuai keinginan.

Baca juga: Cara melatih mental fighter Kenari muda

Memelihara Kenari muda dengan usia 1-2 bulan memang membutuhkan kesabaran, karena untuk bisa menikmati suara ngerollnya harus menunggu sampai Kenari berusia 6 bulan ke atas, itupun kalau Kenari mendapat perawatan yang baik.

Merawat Kenari bahan agar cepat bunyi dimulai dari pemilihan bahan yang berkualitas dan harus yang berjenis kelamin jantan agar bisa gacor dan ngeroll nantinya.

Pantau dengan seksama saat memilih Kenari bahan di kandang ombyokan, pilihlah yang paling rajin ngeriwik. Kalau sudah terpantau yang paling rajin ngeriwik segera diambil, tapi agar lebih yakin lagi cek jenis kelaminnya, pastikan Kenari yang kita ambil tersebut berjenis kelamin jantan. Caranya dengan melihat bagian pen duburnya, pada Kenari jantan terlihat lebih menonjol sedangkan Kenari betina lebih datar.

Setelah mendapatkan Kenari bahan yang prospek, segera tempatkan dikandang yang sesuai untuk Kenari, berikan pakan bijian mix yang bermerk bagus, harga lebih mahal sedikit tidak masalah yang penting Kenari bisa tercukupi nutrisinya dan bisa cepat bunyi.

Perawatan harian untuk Kenari muda agar cepat bunyi:

• Setiap pagi Kenari diembunkan agar menghirup udara segar.

• Setelah jam 07.00 pagi burung dimandikan dengan disemprot halus agar burung tidak stres. Setelah selesai Kenari di angin-anginkan sampai bulu-bulunya kering.

• Setelah semua bulunya kering selanjutnya Kenari dijemur secukupnya saja karena bulu-bulunya belum tumbuh sempurna, tingkatkan durasi penjemuran secara bertahap sampai Kenari kuat dijemur lama. Penjemuran sangat penting untuk Kenari muda untuk mempercepat Kenari agar cepat ngeplong.

• Bersihkan kandangnya setiap hari agar Kenari terhindar dari penyakit.

• Sediakan pakan berupa campuran biji-bijian seperti canary seed, niger seed, milet, dan lainnya dicepuk pakan. Pilih pakan kemasan dengan merk yang terpercaya agar kualitasnya terjamin, ganti air minumnya setiap hari, berikan juga ekstra fooding (EF) berupa telur puyuh atau telur ayam rebus diambil kuning telurnya saja dan berikan juga sayuran segar setiap hari.

• Kenari muda masih belajar untuk menyusun lagu (ngeriwik) dengan merekam suara-suara yang sering didengarnya lalu megolah suara-suara tersebut untuk dijadikan satu rangkaian lagu. Karena itu, penting untuk melakukan pemasteran pada Kenari sejak dini dengan suara Kenari yang ngeroll panjang agar nantinya Kenari muda yang dimaster tersebut bisa menirukan suara ngeroll masterannya.

Baca juga:

Tips mencetak Kenari isian

Perawatan yang tepat untuk Kenari mabung

Demikian sedikit informasi tentang cara merawat Kenari bahan agar cepat bunyi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kenari, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Merawat Kenari bahan agar cepat bunyi"